Prediksi soal pilihan ganda sejarah kelas X di bawah ini
MATA PELAJARAN | : SEJARAH | ALOKASI WAKTU : 60 menit | ||||||
KELAS/PROGRAM | : X (SEPULUH) | PENYUSUN : SUNAJI | ||||||
JUMLAH SOAL | : 35 BUTIR SOAL | |||||||
STANDAR KOMPETENSI | : 1. Memahami prinsip dasar ilmu sejarah | |||||||
KISI-KISI SOAL PILIHAN GANDA | BOBOT SOAL | NO. SOAL | KARTU SOAL PILIHAN GANDA | |||||
NO | KOMPETENSI DASAR | KEMAMPUAN YG DIUJI | INDIKATOR | SOAL | KUNCI | |||
1 | 1.1 | Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah | Pengertian sejarah | Menghubungkan arti sejarah dengan kehidupan yang dialami manusia | Kehidupan manusia dan arti kata sejarah ada hubungan yang erat mengenai .... | |||
a. peristiwa yang pernah terjadi dan akan terjadi lagi | ||||||||
b. proses pertumbuhan yang berakhir masa kini | ||||||||
c. peristiwa yang hanya sekali terjadi | ||||||||
d. peristiwa yang terus menerus terjadi | ||||||||
e. proses yang terus menerus berlangsung | ||||||||
Makna sejarah sebagai kisah | Menjelaskan sejarah sebagai kisah | Apabila kita membuat sebuah cerita "Kisah Roro Jonggrang" untuk | ||||||
dipentaskan pada acara akhir tahun, ini termasuk .... | ||||||||
a. sejarah sebagai peristiwa d. sejarah sebagai kisah | ||||||||
b. oral history e. sejarah karangan | ||||||||
c. life history | ||||||||
Pengertian sejarah | Menjelaskan pengertian sejarah secara umum | Secara umum, salah satu pengertian sejarah yang benar adalah …. | ||||||
a. kejadian dan peristiwa masa lalu yang akan terulang di masa | ||||||||
yang akan datang | ||||||||
b. perubahan-perubahan dan peristiwa-peristiwa yang terjadi | ||||||||
setiap hari di sekitar kita | ||||||||
c. cerita atau kisah atau catatan tentang kehidupan keluarga | ||||||||
bangsawan di masa lampau | ||||||||
d. ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar | ||||||||
terjadi pada masa lampau | ||||||||
e. kumpulan peninggalan atau bukti-bukti peristiwa di masa | ||||||||
lampau berupa benda | ||||||||
KISI-KISI SOAL PILIHAN GANDA | BOBOT SOAL | NO. SOAL | KARTU SOAL PILIHAN GANDA | |||||
NO | KOMPETENSI DASAR | KEMAMPUAN YG DIUJI | INDIKATOR | SOAL | KUNCI | |||
Bagian-bagian ilmu sejarah | Menjelaskan pengertian arkeologi | Ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan masa kuno disebut …. | ||||||
a. epigrafi d. sosiologi | ||||||||
b. ceramologi e. arkeologi | ||||||||
c. paleoantropologi | ||||||||
Bentuk-bentuk peninggalan bersejarah | Menjelaskan pengertian prasasti | Ucapan-ucapan pujian dan perintah raja yang ditulis pada batu atau lempengan tembaga, emas, perak atau perunggu disebut …. | ||||||
a. candi d. sarkofagus | ||||||||
b. kaligrafi e. prasasti | ||||||||
c. kitab | ||||||||
1.2 | Mendeskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara | Tradisi sejarah masyarakat pra aksara | Menjelaskan pengertian totemisme | Aliran kepercayaan pada zaman purba yang melakukan penyembahan terhadap binatang disebut …. | ||||
a. animisme d. polytheisme | ||||||||
b. dinamisme e. atheisme | ||||||||
c. totemisme | ||||||||
Legenda | Menyebutkan asal-usul Roro Anteng dan Joko Seger dalam legenda asal usul masyarakat Tengger | Legenda tentang Roro Anteng dan Joko Seger yang berasal dari Jawa Timur yang menceritakan asal-usul masyarakat Tengger di sekitar Gunung Bromo, merupakan putra-putri dari kerajaan …. | ||||||
a. Mataram d. Kediri | ||||||||
b. Blambangan e. Singosari | ||||||||
c. Majapahit | ||||||||
Folklore | Menyebutkan hal-hal yang tidak termasuk ciri-ciri folklore | Di bawah ini termasuk ciri-ciri folklore, kecuali …. | ||||||
a. bersifat tradisional | ||||||||
b. bersifat anonim | ||||||||
c. hadir dalam versi yang monoton | ||||||||
d. menjadi milik bersama | ||||||||
e. penyebarannya secara lisan | ||||||||
KISI-KISI SOAL PILIHAN GANDA | BOBOT SOAL | NO. SOAL | KARTU SOAL PILIHAN GANDA | |||||
NO | KOMPETENSI DASAR | KEMAMPUAN YG DIUJI | INDIKATOR | SOAL | KUNCI | |||
Perkembangan Penulisan Sejarah Indonesia | Menyebutkan penulis historiografi kolonial | Historiografi kolonial biasanya ditulis oleh .... | ||||||
a. orang-orang Indonesia, maka sifatnya Indonesia sentris | ||||||||
b. orang-orang daerah koloni, maka sifatnya kolonial sentris | ||||||||
c. para pujangga istana, maka sifatnya istana sentris | ||||||||
d. para penulis Belanda, maka sifatnya Nederland sentris | ||||||||
e. orang-orang Belanda dengan menggunakan metode wawancara | ||||||||
dengan orang-orang di tanah koloni | ||||||||
Tradisi sejarah pada masyarakat pra aksara | Menyebutkan fungsi wayang pertama kali | Pertunjukan wayang dari masa prasejarah hingga masa sekarang tetap | ||||||
eksis. Fungsi pertunjukan wayang pada mulanya ialah .... | ||||||||
a. pemujaan arwah nenek moyang | ||||||||
b. sebagai sarana berkumpulnya masyarakat | ||||||||
c. ajang pertemuan warga masyarakat | ||||||||
d. sarana hiburan masyarakat | ||||||||
e. media pendidikan masyarakat | ||||||||
Menyebutkan jenis dongeng male cinderella yang terdapat di Jawa Timur | Dongeng yang ditokohi manusia dan biasanya berkisah tentang suka dan duka yang berjenis male cinderela dan terdapat di Jawa Timur adalah …. | |||||||
a. Joko Kendil d. Cinderela | ||||||||
b. Ande-ande Lumut e. Sangkuriang | ||||||||
c. Bawang Putih dan Bawang Merah | ||||||||
Menyebutkan cara-cara pewarisan budaya melalui oral tradition oleh nenek moyang bangsa Idonesia | Pada masa pra aksara nenek moyang bangsa Indonesia mewariskan budayanya melalui oral tradition antara lain berbentuk …. | |||||||
a. folklore d. puisi | ||||||||
b. pengajian e. prasasti | ||||||||
c. upacara agama | ||||||||
Mitos | Menyebutkan mitos yang berkembang di masyarakat dan komunitas keraton Surakarta dan Jogjakarta | Mitos yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat dan komunitas keraton Surakarta dan Jogjakarta adalah …. | ||||||
a. Roro Jonggrang d. Borobudur | ||||||||
b. Kanjeng Ratu Kidul e. Ramayana | ||||||||
c. Gunung Merapi | ||||||||
KISI-KISI SOAL PILIHAN GANDA | BOBOT SOAL | NO. SOAL | KARTU SOAL PILIHAN GANDA | |||||
NO | KOMPETENSI DASAR | KEMAMPUAN YG DIUJI | INDIKATOR | SOAL | KUNCI | |||
Perkembangan sejarah msyarakat Indonesia setelah mengenal aksara | Membedakan masyarakat pra sejarah dengan masyarakat sejarah | Berikut ini yang membedakan antara masyarakat pra sejarah dengan masyarakat sejarah adalah …. | ||||||
a. arsitektur rakyat d. obat tradisional | ||||||||
b. kerajinan tangan e. perhiasan tradisional | ||||||||
c. bahasa tertulis | ||||||||
Menyebutkan istilah lain adat kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang | Adat kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang dan masih dijalankan oleh masyarakat hingga sekarang disebut …. | |||||||
a. budaya d. tradisi | ||||||||
b. sejarah e. dongeng | ||||||||
c. folklore | ||||||||
1.3 | Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah | Dasar-dasar penelitian sejarah | Menyebutkan istilah metode pemilihan sumber sejarah | Metode yang digunakan dalam memilih sumber yang dibutuhkan guna menyatukan penulisan sejarah disebut dengan langkah …. | ||||
a. heuristik d. historiografi | ||||||||
b. interpretasi e. kritik ekstern | ||||||||
c. verifikasi | ||||||||
Menyebutkan langkah-langkah penulisan sejarah | Langkah-langkah dalam penulisan sejarah secara sistematis adalah sebagai berikut …. | |||||||
a. heuristik, historiografi, verifikasi, dan interpretasi | ||||||||
b. heuristik, interpretasi, verifikasi, dan historiografi | ||||||||
c. heuristik, historiografi, verifikasi, dan interpretasi | ||||||||
d. heuristik, verifikasi, historiografi, dan interpretasi | ||||||||
e. heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi | ||||||||
Sumber Sejarah | Menyebutkan istilah sumber sejarah yang bukan berasal dari pelaku | Sumber yang bukan berasal dari pelaku atau saksi peristiwa sejarah disebut …. | ||||||
a. sumber primer d. sumber sekunder | ||||||||
b. sumber tersier e. nara sumber | ||||||||
c. catatan peristiwa | ||||||||
KISI-KISI SOAL PILIHAN GANDA | BOBOT SOAL | NO. SOAL | KARTU SOAL PILIHAN GANDA | |||||
NO | KOMPETENSI DASAR | KEMAMPUAN YG DIUJI | INDIKATOR | SOAL | KUNCI | |||
Jenis-jenis sejarah | Menjelaskan sebab-sebab pesatnya perkembangan penulisan sejarah lisan pada abad ke-20 | Pada abad ke-20 penulisan sejarah lisan berkembang pesat karena …. | ||||||
a. sejarah ini cukup disajikan secara lisan | ||||||||
b. sejarah lisan mudah disusun dengan tulisan yang sederhana | ||||||||
dan mudah disebarluaskan | ||||||||
c. sejarah lisan membawa manusia untuk dapat mengetahui | ||||||||
perkembangan kehidupan dari masa ke masa | ||||||||
d. sejarah lisan dapat mengungkap hal-hal yang tidak | ||||||||
terdokumentasikan | ||||||||
e. sejarah pada saat ini hanya mengandalkan diri pada sumebr lisan | ||||||||
Menjelaskan perbedaan mempelajari sejarah dengan ilmu pengetahuan | Perbedaan mempelajari sejarah dengan ilmu pengetahuan alam adalah bahwa belajar sejarah merupakan …. | |||||||
a. belajar sesuatu yang akan terjadi | ||||||||
b. belajar berdasarkan naluri | ||||||||
c. membangun rekonstruksi yang berdasarkan dari masa lampau | ||||||||
d. belajar berdasarkan akal | ||||||||
e. belajar kejadian yang pasti |
1 komentar:
Salam,
Beasiswa pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam
Ma'had Abu Bakar As Shiddiq Surakarta
membuka pendaftaran mahasiswa baru
20 lulusan yayasan kami bisa langsung meneruskan ke Madinah dan Qosim Saudi
info selengkapnya dapatkan disini
http://maba-solo.blogspot.com/2012/04/informasi-pendaftaran.html
Posting Komentar